KENAPA HARUS 100% SYARIAH??

 

Kenapa kita umat muslim wajib mengamalkan yang benar-benar 100% bermuamalah syariah dalam berdagang, transakasi jualbeli, hutang piutang, pinjam meminjam dan berbisnis??

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Prinsip Dasarnya dan Secara Singkat dapat dijelaskan bahwa :

# Syariah adalah hukum dan ketentuan agama yang ditetapkan langsung oleh Allah SWT untuk mengatur seluruh aspek kehidupan hamba-hamba-Nya.
# Islam sendiri secara menyeluruh berdefinisi merupakan agama yang diturunkan langsung oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk mengatur hubungan manusia dengan Sang Pencipta, dengan dirinya sendiri dan dengan sesamanya.
# Hakikat seorang muslim/mah adalah terikat dengan hukum Syara’ (seruan Syar’i) yang bersumber pada al-Quran dan Hadist Mutawatir (ketetapan pasti/Qath’I tsubut) dan Hadist non mutawatir (dugaan kuat/Zhani tsubut).
Awal mula perbuatan tidak memiliki status hukum sebelum adanya hukum syara’ (wajib,sunah/madub, haram, makruh, mubah). Maka diutuslah Rasul-rasul Allah SWT untuk menyerukan ketetapan-ketetapan tersebut sesuai firman Allah SWT :
“dan Kami tidak akan mengazab sampai Kami utus seorang rasul” (TQS. al-Isra’:15)
Kemudian setelah diutus ke bumi, maka tujuan mulia penyebaran ketetapan “hukum perbuatan (Syara’)” ini menjadi Hakikat seorang hamba yang sholeh yang mengimani dan mencintai Allah SWT dan rasul-Nya. Hal ini tidak terbantahkan lagi, sesuai firman Allah SWT :
“agar tidak ada alasan bagi manusia membantah Allah SWT sesudah diutusNya rasul-rasul itu” (TQS. an-Nisa’:165)
Oleh karena itu kaum muslim/mah diperintahkan untuk beriman 100% kepada islam sehingga tidak boleh mengimani sebagian isi kitab namun mengingkari sebagian lainnya, sebagaimana firman Allah SWT :
“apakah kamu beriman kepada sebagian isi al-kitab dan ingkar kepada sebagian yang lain” (TQS. al-Baqarah:85)
Juga “apa saja yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah, dan apa saja yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah” (TQS. al-Hasyr:7)
Diharapkan Hakikatnya pula kita tidak boleh mengimani atau mengikuti ajaran yang bukan dari islam karena ajaran selain islam adalah Kufur (menolak kebenaran Allah SWT), Firman Allah SWT :
“apakah hukum jahiliyah yang mereka ambil?? Dan hukum siapakah yang lebih baik daripada hukum Allah SWT, bagi orang-orang yang beriman” (TQS. al-Maidah:50)
Nah sudah paham ya Hakikat sebagai Muslim, Hayuk kita amalkan setelah kita berilmu (ilmi kobla amal). Tujuan hakikat ini guna kemaslahatan (manfaat) bagi penghuni alam semesta (manusia) sesuai firman Allah SWT :
“dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam” (TQS. al-Anbiya’:107) juga,
“sesungguhnya telah datang kepadamu keterangan yang nyata dari Tuhanmu, petunjuk dan rahmat” (TQS. al-An’am:157),
“dimana pun ada Syara’ disitu pasti ada maslahat”.
Okey, Saudaraku sekalian ulasan singkat Jawaban dari “MENGAPA HARUS 100% SYARIAH??” karena hakikatnya kita terikat dengan ketetapan hukum Allah SWT yang wajib diikuti guna kemaslahatan dan terhindar dari kemudharatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *